Sedangkan untuk kulit normal dan kering pilihlah cleanser yang memiliki kelembaban pada wajah.
Baca Juga: 12 Makanan Khas Toraja Yang Patut Dicoba. Ada yang Mengandung Anti Oksidan dan Mencegah Anemia
- Toner atau essence
Sebenarnya kedua produk ini punya fungsi yang sama tapi biasanya essence mempunyai konsistensi yang lebih tebal daripada toner.Selain itu penyebutan essence atau toner bisa tergantung pada brand yang mengeluarkannya.
Untuk pemilihan toner dan essence kalian bisa memilih yang sifatnya melembabkan.step ini bisa mengembalikan PH pada kulit, membuat wajah lebih bersih dan membuat kulitmu menyerap produk skincare lebih baik. Selain moisturizing toner menggunakan exfoliating toner juga bagus untuk kulit, terutama untuk kulit yang berminyak dan acne prone skin. Toner dengan kandungan Salicylic acid dan glycolic acid.
Pemakain exfoliating toner cukup 2 -3x seminggu untuk wajah berminyak dan kombinasi.Sedangkan kulit normal dan kering bisa menggunakan 1-2x seminggu. Tak perlu menggunakan setiap hari agar menghindari over exfoliasi. Jika kamu sudah menggunakan exfoliating toner gunakanlah dulu moisturizing toner.
Pemakaiannya bisa menggunakan kapas agar bisa mengangkat sel kulit mati.
Sedangkan untuk moisturizing toner kalian bisa menggunakan tanganmu secara langsung dan menepuk-nepuk wajahmu.
- Serum
Dengan tekstur yang lebih tebal serum bisa menutrisi kulit lebih dalam lagi. Serum bisa digunakan saat pagi maupun malam hari tapi untuk hasil yang lebih maksimal, kalian bisa menggunakan ingredient skincars yang berbeda di pagi hari dan malam hari.
Di pagi hari kalian bisa menggunakan serum yang dapat menghasilkan anti oksidan untuk melindungi kulit dari sinar UV dan polusi misalnya seperti Vitamin C, sedangkan untuk malam hari cobalah skincare untuk memperbaiki kulitmu dengan kandungan peptides. Selain itu juga kalian bisa menggunakan serum dengan kandungan retinol di malam hari fungsinya untuk mengatasi line di wajah dan bekas jerawat dengan lebih baik,mencerahkan kulit wajah serta membersihkan pori-pori.
Menggunakannya di malam hari lebih efektif karena penggunaan di pagi hari membuat molekulnya kurang stabil saat terkena sinar UV. Makanya kandungannya jadi kurang efektif.
Baca Juga: KPU Umumkan Hasil Verifikasi Administrasi Pemilu 2024, 6 Parpol Dinyatakan Tidak Lolos. Ini Detilnya
Sebagai pilihan lain kalian bisa menggunakan serum dengan ingredient seperti niacinamide untuk menghilangkan kemerahan, hyaluronic acid untuk melembabkan kulit atau hydroxy acid untuk meningkatkan colagen.
Ingredients ini bisa kalian gunakan pagi maupun malam hari.