TITIKTEMU.CO - Dalam beberapa tahun terakhir, cara orang menikmati kopi mulai berubah. Tak hanya sekadar datang, memesan, lalu pergi.
Sebaliknya, kini banyak pencinta kopi yang ingin merasakan pengalaman ngopi yang lebih personal dan penuh cerita. Dari tren itulah lonsep slow bar mulai mencuri perhatian,
Konsep ini bisa dikatakan sebuah pendekatan baru menikmati kopi yang menghadirkan interaksi, keintiman, dan eksplorasi rasa yang lebih mendalam.
Baca Juga: Sukabumi: Kota yang Tidak Tergesa, Slow Living dengan Bernapas Lega
Sebab, bagi banyak orang, ngopi bukan lagi sekadar menikmati secangkir kopi, atau aktivitas menghabiskan waktu. Kopi kini menjadi bagian dari gaya hidup, terutama bagi generasi milenial dan Gen Z.
Generasi ini menjadikan kafe sebagai ruang komunal untuk bekerja, berdiskusi, dan mencari inspirasi. Di tengah maraknyakedai kopi kekinian, konsep kafe slow bar sepertinya menawarkan pengalaman berbeda.
Apa Sebenarnya Konsep Slow Bar?
Konsep slow bar pada dasarnya mengedepankan proses penyajian kopi yang lebih pelan dan mendalam. Istilah slow bar menggambarkan bagaimana kopi diseduh dan disajikan dengan cara manual, bukan menggunakan mesin.
“Slow bar pasti aktivitas menyeduhnya lebih slow, karena mayoritas pakai alat-alat manual brew. Jadi lebih memakan waktu dibandingkan mesin,” ujar seorang barista.
Karena prosesnya dilakukan dengan tangan, waktu penyajian memang lebih lama. Namun di situlah letak daya tarik slow bar, dibandingkan dengan fast bar yang serba mesin.
Nah, proses yang lambat ini kemudian membuka kesempatan bagi barista dan pengunjung untuk berinteraksi secara langsung, ngobrol soal kopi dan sekitarnya.
Biasanya area slow bar juga minimalis, dan terbatas hanya untuk 3–5 orang, sehingga suasana terasa lebih hangat dan personal.
Baca Juga: Slow Living di Kedu: Bukan Hanya Melambatkan Langkah, Tapi Juga Menata Ulang Ritme Hidup
Kenapa Slow Bar Semakin Diminati?